Contoh Kasus Pemasaran
BAB 14
Kasus
Pemasaran
Tentu banyak diantara kita yang
familiar dengan nama HBO,HBO telah memiliki jutaan pelanggan di seluruh dunia.
Kisah perjalanan televise berbayar ini dimulai pada tahun 1965 ketika Charles
Dolan mencetuskan ide yang menjadi perintis dalam penggunaan kabel secara
komersial. Saat itu Charles memenangkan tender membangun sistem perkabelan di
daerah Manhattan, New York. Setelah selesai dibangun sistem perkabelan ini
secara resmi menjadi sistem perkabelan bawah tanah pertama di Amerika serikat.
Awalnya sistem perkabelan ini menjadi solusi karena pada saat itu siaran
televisi sulit menjangkau beberapa wilayah di New York karena sinyalnya
terhalang gedung-gedung tinggi.
Ia mengadakan kerja sama dengan Time
Life berupa Time memiliki kepemilikan saham sebesar 20%. Usaha ini dinamakan
The Green Channel dan kemudian berubah menjadi Home Box Office atau disinkgat
dengan nama HBO. Langkah yang pertama kali dilakukan dengan menggunakan forkat
editorial tulisan yang tertuang dalam media semacam catalog. Cara pemasarannya
sangat mirip dengan cara Time menjual majalahnya.
Pada masa-masa awal, perusahaan
mengalami kerugian yang cukup besar karena jumlah basis pelanggan masih
relative kecil. Perusahaan baru dapat mengandalkan 20.000 pelanggan pertamanya
yang berlokasi di manhattan. Tentu jumlah itu belum bisa mendukung beban
operasional perusahaan dengan baik.
Beberapa lama kemudian pertumbuhan
jumlah pelanggan menjadi cukup signifikan, tapi masih terdapat permasalahan,
yaitu jumlah pelanggan yang beralih cukup tinggi. Pendekatan pun diubah oleh
HBO dengan cara memberikan tayangan preview secara gratis kepada semua penonton
televisi di salah satu saluran televisi. Setelah beberapa bulan HBO memindahkan
tayangan ke saluran lain dan mulai memberlakukan sistem berlangganan bila
konsumen hendak menikmati layanannya. Pendekatan ini ternyata lebih disukai
konsumen dan HBO memutuskan menerapkannya ketika melakukan pengembangan ke
pasar lain.
Momentum untuk melakukan
perkembagngan bisnis baru benar-benar didapatkan HBO pada pertengahan tahun
1970an. Saat itu pihak pemerintah mulai memberlakukan dukungan dengan melakukan
penyesuaian pada beberapa peraturan pemerintah yang menyulitkan industri
televisi kabel. HBO menjadi mesin pertumbuhan televisi kabel di Amerika
Serikat. Beberapa tahun setelahnya HBO terus melakukan pengembangan pasar dan
produk. HBO mulai melakukan perubahan kanal pada tahun 1980 dengan mengeluarkan
produk yang diberi nama Cinema. Kanal ini dihargai lebih murah dibandingkan HBO
dan dimaksudkan untuk menjadi produk tandingan dan pesaing-pesaing yang
menerapkan harga rendah. HBO pun secara bertahap menambah banyak kanal lain
dengan konsep berbeda dan menyasar segmen yang berbeda. Dengan langkah ini
perusahaan memiliki kapabilitas yang menjangkau pasar yang sangat luas.
Selain itu, HBO juga berupaya
membuat film, program dan tayangan serial sendiri dimana proses pembuatannya
dilakukan dengan sangat serius. Hal ini dapat dilihat dari besarnya anggaran,
aktor dan sutradara ternama di setiap produksi. Untuk mempertajam diferensiasi,
HBO mengusung beberapa slogan. Salah satunya yaitu "It's not a TV, it's a
HBO". Biar nonton HBOnya nyaman kamu bisa mencoba gunakan TV yang ini nih TV LCD TOSHIBA
1. ANALISIS
Dengan membaca contoh kasus di atas
kita dapat menyimpulkan bahwa tidak mudah untuk mempertahankan para konsumen
kita harus berpikir jauh lebih kedepan untuk menarik dan memiliki inspirasi
agar para konsumen bias menyukai produk kita.
Referensi
Komentar
Posting Komentar