Contoh Kasus Pemasaran



BAB 14
Kasus Pemasaran
Tentu banyak diantara kita yang familiar dengan nama HBO,HBO telah memiliki jutaan pelanggan di seluruh dunia. Kisah perjalanan televise berbayar ini dimulai pada tahun 1965 ketika Charles Dolan mencetuskan ide yang menjadi perintis dalam penggunaan kabel secara komersial. Saat itu Charles memenangkan tender membangun sistem perkabelan di daerah Manhattan, New York. Setelah selesai dibangun sistem perkabelan ini secara resmi menjadi sistem perkabelan bawah tanah pertama di Amerika serikat. Awalnya sistem perkabelan ini menjadi solusi karena pada saat itu siaran televisi sulit menjangkau beberapa wilayah di New York karena sinyalnya terhalang gedung-gedung tinggi.

Ia mengadakan kerja sama dengan Time Life berupa Time memiliki kepemilikan saham sebesar 20%. Usaha ini dinamakan The Green Channel dan kemudian berubah menjadi Home Box Office atau disinkgat dengan nama HBO. Langkah yang pertama kali dilakukan dengan menggunakan forkat editorial tulisan yang tertuang dalam media semacam catalog. Cara pemasarannya sangat mirip dengan cara Time menjual majalahnya.
Pada masa-masa awal, perusahaan mengalami kerugian yang cukup besar karena jumlah basis pelanggan masih relative kecil. Perusahaan baru dapat mengandalkan 20.000 pelanggan pertamanya yang berlokasi di manhattan. Tentu jumlah itu belum bisa mendukung beban operasional perusahaan dengan baik. 

Beberapa lama kemudian pertumbuhan jumlah pelanggan menjadi cukup signifikan, tapi masih terdapat permasalahan, yaitu jumlah pelanggan yang beralih cukup tinggi. Pendekatan pun diubah oleh HBO dengan cara memberikan tayangan preview secara gratis kepada semua penonton televisi di salah satu saluran televisi. Setelah beberapa bulan HBO memindahkan tayangan ke saluran lain dan mulai memberlakukan sistem berlangganan bila konsumen hendak menikmati layanannya. Pendekatan ini ternyata lebih disukai konsumen dan HBO memutuskan menerapkannya ketika melakukan pengembangan ke pasar lain. 


 Momentum untuk melakukan perkembagngan bisnis baru benar-benar didapatkan HBO pada pertengahan tahun 1970an. Saat itu pihak pemerintah mulai memberlakukan dukungan dengan melakukan penyesuaian pada beberapa peraturan pemerintah yang menyulitkan industri televisi kabel. HBO menjadi mesin pertumbuhan televisi kabel di Amerika Serikat. Beberapa tahun setelahnya HBO terus melakukan pengembangan pasar dan produk. HBO mulai melakukan perubahan kanal pada tahun 1980 dengan mengeluarkan produk yang diberi nama Cinema. Kanal ini dihargai lebih murah dibandingkan HBO dan dimaksudkan untuk menjadi produk tandingan dan pesaing-pesaing yang menerapkan harga rendah. HBO pun secara bertahap menambah banyak kanal lain dengan konsep berbeda dan menyasar segmen yang berbeda. Dengan langkah ini perusahaan memiliki kapabilitas yang menjangkau pasar yang sangat luas.

Selain itu, HBO juga berupaya membuat film, program dan tayangan serial sendiri dimana proses pembuatannya dilakukan dengan sangat serius. Hal ini dapat dilihat dari besarnya anggaran, aktor dan sutradara ternama di setiap produksi. Untuk mempertajam diferensiasi, HBO mengusung beberapa slogan. Salah satunya yaitu "It's not a TV, it's a HBO". Biar nonton HBOnya nyaman kamu bisa mencoba gunakan TV yang ini nih TV LCD TOSHIBA


1.     ANALISIS
Dengan membaca contoh kasus di atas kita dapat menyimpulkan bahwa tidak mudah untuk mempertahankan para konsumen kita harus berpikir jauh lebih kedepan untuk menarik dan memiliki inspirasi agar para konsumen bias menyukai produk kita.


Referensi
  1. http://www.perencanaanpemasaran.com/2013/04/contoh-kasus-pemasaran-hbo.html








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Bahasa Inggris Tuefl Test Structure Test

Kepuasan Pelanggan

Disain Produk Merek Kemasan & Pemasaran