Pengetahuan Tentang Negara Arab Saudi




Secara Letak Geografis 

Nama asli Arab Saudi adalah AL Mamlaka AL Arabiah AL Saudiah. Kerajaan ini di dirikan oleh Raja Abdul Azis pada tanggal 23 September 1932, ibukota Arab Saudi adalah Riyad.

1.   Luas wilayah : 2.331.000 KM2.
2.   Letak astronomis : 15º LU-32º LU dan 34º BT-57º BT.
3.   Letak geografis : Asia barat, berupa semenanjung Arabiah.
4.  Batas-batas : Utara adalah Yordania, Irak, dan Kuwait. Timur adalah Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Bahrein, dan Khattar. Selatan adalah Oman dan Yaman. Barat adalah Laut Merah.
5.  Bentang alam : Sebagian besar berupa Gurun pasir dan Plato. Di gurun juga ditemukan Oase, yaitu sumber air di gurun. Jenis tumbuhan alami yang tumbuh adalah Semak-semak, padang rumput, dan tumbuhan Gurun.
6.  Iklim : Beriklim Tropis di selatan dan Sub Tropis di utara, serta beriklim continental darat.
7.  Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya adalah 20.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 3.2% per tahun. Penduduknya terdiri dari orang Arab, Smit, dan Badui. Penduduknya sebagian besar tinggal di pantai barat laut Merah.
8.  Bentuk pemerintahan : Kerajaan yang berdasarkan hokum Islam. Raja berperan sebagai pemimpin Politik, Agama(Imam), Eksekutif, dan Pembuat undang-undang. Negara ini tidak mempunyai undang-undang Dasar, karena hukumnya memakai hukum Islam.
9. Kebudayaan : Arab Saudi adalah tempat lahirnya agama Islam yang dibawa oleh Nabi Besar
Muhammad SAW. Sehingga Arab mempunyai berbagai tempat peninggalan sejarah peradaban Islam seperti Kota Mekkah, Kota Madinah, Masjidil Haram dengan Ka’bah di dalamnya, dan Masjid Nabawi.
10.  Bahasa : Bahasa Arab.
11.  Agama : Mayoritas beragama Islam.

Mata Uang :Real Bentuk pemerintahan : Kerajaan 
 
a.Pertambangan:  Hasil utama pertambangan minyak bumi dan gas alam. Negara Arab Saudi merupakan negara terbesar pengekspor minyak bumi di dunia.
b. Pertanian:  Daerah pertanian terdapat diasir, yaitu daerah pegunungandi selatan yang menhadap kelaut merah. Hasil utamanya adalah kurma dan hasil lainnya gandum,  padi , jagung, kopi, dan sayur. Semua hasil pertaniannya belum
c. Peternakan: Kegiatan Peternakan diArab Saudi banyak dilakukan oleh suku Baduidi daerah Stepa. Hewan yang dipelihara meliputi Unta, kambing, biri-biri,
d.  Perindustrian : Jenis perindustrian utamanya yaitu industry minyak, industri desalinasi
(pengolahan air laut menjadi air tawar), industri petrokimia, peleburan alumunium, semen metanol, pupuk, baja,
e. Perdagangan :  Ekspor utamanya adalah minyak bumi, dan gas alam. Sedangkan barang impornya berupa buah-buahan, bahan pangan,bahan bangunan,

Mata Pencaharian
Mata Pencaharian bangsa Arab mayoritas iyalah Hasil tambang yaitu  minyak bumi karena itu negar Arab ini merupakan pengekspor Minyak Bumi Terbesar di Asia akan tetapi bukan hanya minyak bumi saja akan tetapi masih banyak mata pencaharian nya seperti..

a.    Perdagangan
Suku Arab yang tinggal di kota seperti makkah dan madinah, mayoritas bekerja sebagai pedagang. Perdagangan di kota makkah dan madinah pada zaman jahiliyah sudah sangat maju. Mereka berdagang bahkan sampia ke luar negeri. Mereka melakukanperjalanan dagang dengan jalan kaki,naik unta atau naik kuda. Negara tujuan mereka adalah Syam (Syiria), Yaman,Persia,Habsy, dan Mesir.

Barang dagangan yang mereka bawa antara lain kemenyan,kain sutra,barang logam,kulit,dan minyak wangi dan setelah kembali berdagang disana mereka membawa gandum,minyak zaitun,beras,jagung,dan pakain untuk dijual lagi di kota makkah dan madinah. Pusat perdagangan yang terkenal di makkah adalah pasar Ukaz yang terletek di dekat ka’bah, pasar Dzil Majad, dan pasar Majnah


b.
    Pertanian
Tanah sebagian di Arab berupa padang pasir yang sangat luas, panas dan gersang tetapi juga terdapat lahan yang subur yang terletak di lembah-lembah yang terdap mata air (oase) dan sering turun hujan. Tanah pertanian yang utama terdapat di daerah Thaif. Hasil pertanian mereka antara lain sayur dan buah-buahan. Hasi pertanian itu kemudian dijual ke kota-kota seperti makah dan madinah.

c.
  Perternakan.
Masyarakat yang bermata pencaharian sebagai peternak adalah suku Arab pendalaman yang disebut Badui. Jenis binatang yang dipelihara adalah domba dan unta Dalam menggembala hewan-hewan ternaknya, mereka harus hidup berpindah-pindah untuk mencari oase(tanah yang subur yang memiliki rumput-rumput yang hijau) sebagai makanan hewan ternaknya. Hasil yang mereka peroleh dari peternakan itu adalah susu,daging,dan kulit untuk pakaian atau menjual sebagian ternaknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sumber Daya Manusia 

Sumber Daya Manusia yang paling besar & Terkenal di Negara Arab Ialah Hasil Minyak Bumi. Akan tetapi Bukan Cuma itu saja Sumber Daya Negara tersebut melainkan  Pertambangan nya juga.
Minyak bumi
Minyak bumi merupakan produk yang sangat penting pada masa kejayaan Khilafah jauh sebelum zaman moderen sekarang. Minyak menjadi komoditas yang dibutuhkan untuk keperluan militer maupun ekonomi masyarakat. Beberapa ladang minyak bumi pada masa itu antara lain di Baku yang mulai beroperasi sejak tahun 885 M pada masa Khalifah al-Mu’tamid ‘Alailah (870-892). Pada abad ke 13,

Pertambangan
Cadangan mineral di berbagai wilayah propinsi Khilafah berkontribusi atas kemakmuran penduduknya. Berbagai batu mulia seperti zamrud diperoleh di Mesir. Sementara di Spanyol terdapat beragam tambang mineral seperti emas, perak, timah, tembaga, besi, belerang, dan merkuri, termasuk batu rubi Sementara di Laut Arab, di sepanjang pantai Bahrain hingga ke pulau Dahlak terdapat pengembangbiakan mutiara

Investasi

Selain itu walaupun Negara Arab ini juga melakukan Investasi secara besar-besaran ke Negar Indonesia hal ini di buktikan dengan hasil perundingan
mentri kelautan & perikanan yaitu “ Fadel Muhammad” dengan Duta Besar Arab Saudi “Abdull Rahman MA Al-Khayyat. Pada selasa (10/11) (selasa, Bulan Oktober Tahun 2011)

Arab Saudi sudah me­nunggu lama akan pembukaan pasar bagi mereka, tetapi ada beberapa hambatan seperti orang belum kenal produk perikanan kita dengan baik dan komunikasi yang belum baik,” ujarnya.
Fadel mencatat pada 5-12 Februari 2005 delegasi bank pertanian Saudi cabang Jeddah telah berkunjung ke pertambakan udang dan budi daya ikan, serta industri pembuatan perahu penangkapan ikan. Pengusaha swasta Indonesia, lanjutnya, juga telah mengada­kan pertemuan private to private dengan pengusaha perikanan Arab Saudi untuk menjajaki kemungkinan melakukan ekspor udang dan kerapu beku ke Arab Saudi.   

Menurut Fadel, potensi pasar ekspor ke Arab Saudi sangat besar karena sebanyak 8-10 juta orang di sana mengonsumsi ikan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, 800.000 orang Indonesia yang berada di Arab Saudi merupakan pasar konsumsi ekspor ikan bandeng. 
Selain di Bidang kelautan & Perikanan Negara Arab pun Akan menanamkan Investasinya di bidang pertanian sesuai dengan perjanjian yang telah di sepakati seperti di bawah ini;
Kerajaan Arab Saudi menyatakan minatnya untuk berinvestasi di bidang pertanian di Indonesia. Sebagai tindak lanjut, dilakukan kerja sama pembangunan pengolahan (refinery) minyak kelapa sawit.  
Arab Saudi pun siap membangun pabrik pengolahan, baik di Indonesia mau pun di negaranya sendiri. 
"Arab Saudi bahkan sudah menyiapkan lokasi pabrik di kawasan industri di Yanbu," jelas Mentan Suswono dalam siaran persnya, Senin (29/4). 

Mentan mengungkapkan, rencana investasi Kerajaan Arab Saudi itu tercetus usai kunjungannya ke tiga negara. Yakni Sudan, Tunisia, dan Rab Saudi pada 21-26 April lalu. Menurutnya keinginan pihak itu disampaikan langsung Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Arab Saudi Mohammed M Bin Siddiq.
Selain refinery minyak sawit, Saudi Arabia juga ingin berinvestasi di bidang tanaman pangan. Khususnya budi daya padi. Arab Saudi ingin mengembangkan padi untuk beras jenis Basmati. "Arab Saudi masih tetap berkeinginan untuk memperoleh lahan yang potensial di Indonesia," ujar Suswono.

PENDAPAN NASIONAL

Pendapatan negara Arab ini cukup Lumayan besar hal ini di buktikan dari 15 negara terkaya yang terdapat Di Negara Arab. Dan negara Arab itu sendiri berada di Urutan yang ke 6 dan Yg berada di Urutan Pertama ialah Qatar
Semenjak ekonomi Eropa dan AS tersendat, negara-negara di luar itu mulai memainkan peranan penting bagi perekonomian dunia. Sebut saja Cina, Brasil dan Rusia. Lantas bagaimana dengan dunia Islam saat ini.

Beruntung bagi yang memiliki dan mampu mengelola sumber daya minyak dan industri pariwisata dengan baik. Sebab, kedua sektor itu merupakan andalan utama yang membawa negara-negara Islam memiliki pendapatan perkapita mendekati negara maju, bahkan sudah ada yang melewati negara maju meski sebatas catatan pendapatan perkapita.

Seperti dikutip World Bank 2011, berikut 15 negara Islam terkaya :

1.  Qatar, pendapatan perkapita   $ 88,919 (2011)
2.  Kuwait, pendapatan perlapita  $ 54,654 (2011)
3.  Brunei, pendapatan perkapita: $ 50,506 (2010)
4.  United Arab Emirates, pendapatan perkapita $ 48,222 (2011)
5.  Oman, pendapatan perkapita $ 28.880 (2011)
6.  Arab Saudi, pendapatan perkapita $ 24.434 (2011).
7.  Bahrain, pendapatan perkapita $ 23.690 (2011).
8.  Turki, pendapatan perkapita $ 16.885 (2011).
9.  Libya, pendapatan perkapira $ 16,855 (2009)
10. Malaysia, pendapatan perkapita $ 15,589 (2011)
11. Lebanon, pendapatan perkapita  $ 14,709 (2011)
12. Kazakhstan, pendapatan perkapita $ 13,189 (2011)
13. Iran, pendapatan perkapita $  11,479 (2009)
14. Azerbaijan, pendapatan perkapita  $ 10,136 (2011)
15. Tunisia, pendapatan perkapita $ 9,415 (2011)



Tingkat Kemiskinan
Walaupun Arab Saudi Negara yang Penghasil Minyak Terbesar & Peng Ekspor minyak terbesar akan tetapi Tingkat Kemiskinan Di Negara Ini Cukup Besar. Hampir 140 juta orang Arab hidup di bawah garis kemiskinan, menurut sebuah laporan yang diterbitkan Minggu oleh Program Pembangunan PBB dan Liga Arab.

Laporan bersama itu menekankan, “tidak ada penurunan dalam tingkat kemiskinan di kawasan Arab dalam 20 tahun terakhir”, dan di sejumlah negara bahkan terjadi kenaikan.
“Tingkat kemiskinan secara keseluruhan tetap tinggi, rata-rata mencapai 40 persen, yang berarti hampir 140 juta orang Arab terus hidup di bawah garis kemiskinan,” katanya.
Laporan itu, yang berjudul “Tantangan Pembangunan bagi Kawasan Arab: Sebuah Pendekatan Pembangunan Kemanusiaan”, juga menunjukkan bahwa pengangguran kaum muda di negara-negara Arab merupakan “yang tertinggi di dunia”.

“Proporsi kaum muda pada total populasi pengangguran mencapai lebih dari 50 persen di sebagian besar negara Arab,” katanya.
Tantangan bagi negara-negara Arab adalah menyediakan “51 juta pekerjaan baru dalam 10 tahun mendatang”, yang tidak akan mengurangi tingkat pengangguran namun membantu “mencegah kenaikannya dan menjaga tingkat yang ada saat ini hingga 2020″.

Laporan itu disusun menjelang pertemuan puncak dunia pada September tahun depan yang menandai tahun kesepuluh pengesahan Sasaran Milenium, ketika para pemimpin dunia berjanji mengurangi tingkat kemiskinan dan kelaparan hingga separuh sebelum 2015.
Akan Tetapi Pemerintah Sudah Memiliki Inisiatif untuk menurunkan tingkat Kemiskinan di negara nya dengancara Memberikan Gaji Sebesar 1 Juta (1.000.000) Perbulan nya. Hal ini pun di sambut gembira bagi para Penduduk nya..

Perkembangan & Pembangunan

Walaupun negara ini sangat maju tingkat Pertumbuhan & perkembangann Pembangunan nya sangat lambat hal ini di sebabkan karena sulitnya mencari lahan yang di gunakan untuk membuat lahan tempat tinggal.
Setahun Sejak di terbitkan nya Undang-Undang Hipotek (Mortage Law), Pertumbuhan Kredit Perumahan di Arab Saudi Masih Di Pandang Lamban. Bahkan Mengalami Kontraksi. Lembaga SAMA Dalam Laporan Statistika nya menyampaikan bahwa Pada Kwartal Pertama Pada Tahun 2013, pemberian Pinjaman bagi sector konstruksi mengalami kontraksi hingga mencapai 5% di banding dengan  Kwartal Pertama di tahun 2012 beberapa pengamat memandang bahwa kelambanan yang terjadi ini di sebabkan adanya beberapa ketentuan pelaksana’an dari UU ini yang belum di terbitkan selain itu terdapat pula masalah yang terdapat di lapangan, seperti kelangkaan lahan yang siap di bangun dan harga lahan yang masih sangat  mahal. Para pengemban Menilai harga lahan di Arab Saudi Mencapai Setengah dari nilai Pembangunan Sebuah Rumah
Kelemahan sector konstruksi ini tidak berjalan sesuai dengan harapan masyarakat,  khusus nya masyarakat kalangan menengah ke bawah, mereka berharap mendapatkan akses kredit perumahan. Karena perumahan tersebut menjadi perhatian yang sangat serius bagi Raja Abdullah, larena mengingat hamper sebagian besar dari penduduk Arab Saudi sekarang banyak yang tidak memiliki Rumah Sendiri, kebanyakan dari mereka menyewa atau tinggal dalam satu keluarga besar mereka di antara nya juga para pegawai negri

Untuk mengatasi masalah ini Pemerintah Arab Saudi Telah membentuk Kementrian Perumahan Pada Tahun 2011 lalu. Salah Satu Proyek yang telah di jalankan iyalah pembangunan 500.000 unit rumah dengan alokasi  dana sebesar SR 250 Milyar. Urggensi Permasalahan Perumahan salh satunya telah di bahas dalam suatu konferensi mengenai perumahan yang diselenggarakn oleh Kadin Jeddah.
Bagaimanapun juga , kelambatan di sektor konstruksi perumahan tidak serta merta mengecilkan potensi dan peluang usaha. Saat ini proyek pembangunan di luar sektor  kontruksi prtumahan di antara nya konstruksi pengembangan Airport Jeddah, Pembangunan Kereta Api (Jeddah – Mekkah), Rabig,Madinah, pengembangan wilayah-wilayah ekonomi di King Abdullah Economic City, Jazan Economic City, Madinah Knowledge Economic City, Serta Pembangunan Fasilitas Umum di sector kesehatan, pendidikan & pelayanan umumm &  Termaksud juga Fasilitas Rekreasi




Proses Penyusunan Anggaran




Pemerintah
Terakhir
Sebelum Ini
Tertinggi
Paling Rendah
Satuan

6.40
13.60
43.17
-25.27
Persen dari
PDB

[+]
2.68
3.60
103.50

2.68
Persen
[+]
188073.00
150472.00
188073.00
76217.00
SAR - Juta
[+]
85.00
-
-
-

[+]




  

PENDAPATAN NEGARA
 


Walaupun Arab Merupakan Penghasil MinyakBumi Terbesar & Banyak negara-negara yang bergantung pada hasil minyak bumi nya itu ternyata penghasilan negara tersebut secara perkapital iyalah 11,870 US$. Negara arab ini kalah dengan naga-negara berkembang seperti Argentina & Amerika Serikat





TINGKAT PENGANGURAN


Buruh
Terakhir
Sebelum Ini
Tertinggi
Paling Rendah
Satuan

Tingkat Pengangguran
5.50
5.60
6.30
4.35
Persen
[+]
Populasi
29.99
29.55
29.99
4.04
Juta
[+]


Walaupun Tingkat Penghasilan Negara ini Besar Akan Tetapi Tingkat Kemiskinan nya pun juga besar hal ini di buktika oleh hasil Data Kementrian Arab Saudi & Department studi General Statistics 

Data kementrian Arab Saudi
Berdasarkan data Kementrian Tenaga Kerja Arab, pengganguran di kalangan perempuan berpendidikan tinggi (sarjana dan pascasarjana) di Arab Saudi sangat tinggi, mencapai 40 persen. Bandingkan dengan tingkat pengangguran di kalangan kaum pria yang hanya 7 persen.




Department studi General Statistics 

Sebuah studi yang dilakukan oleh General Statistics Department menyebutkan, saat ini angka pengangguran di Arab Saudi sebanyak 470. 000 orang, baik laki-laki dan perempuan. Dan ini berarti, sebanyak 12% dari seluruh angkatan kerja di Arab Saudi adalah pengangguran.

Kajian ini mengeluarkan penelitian, saat ini total angkatan kerja di Arab Saudi sebanyak 8. 024. 885 orang. Sebanyak 6. 780. 550 adalah angkatan kerja berjenis kelamin laki-laki dan 670. 388 adalah perempuan. Sedangkan pekerja asing di negara ini mengisi lebih dari 80% lapangan pekerjaan di sana.
Terjadi tarik ulur yang sangat kuat antara pekerja-pekerja migrant dan tenaga kerja dari Arab Saudi sendiri. Menurut data terakhir, pekerja dalam negeri, sebanyak 32. 6% bekerja di sektor pelayanan, termasuk juga menjadi pegawai negeri. Sedangkan pekerja migrant yang berasal dari luar Arab Saudi, 39% bekerja di bidang produksi dan transportasi. Hanya 28. 4% non-Arab yang bekerja di bidang jasa.

Angka-angka yang digelar oleh General Statistics Department ini menunjukkan bukti bahwa penghasilan minyak yang diperoleh pemerintahan Arab Saudi membuat rakyatnya lebih suka bekerja di sektor jasa yang notabene dikuasa oleh pemerintah, dan lebih banyak lagi yang suka menganggur. Para pekerja keras di berbagai sektor, baik produksi dan transportasi di Arab Saudi, justru dipenuhi oleh pekerja-pekerja migrant dari luar, termasuk dari negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia.

Ketika sebuah negara sudah kaya raya, dan mampu memakmurkan rakyatnya, tentu saja banyak fasilitas hidup nyaman yang didapatkan. Tapi itu tidak berarti, boleh bermalas-malasan. Sebuah bangsa yang malas, hanya akan berakhir mengenaskan. Apa jadinya ketika semua kekayaan natural, minyak dan sumber daya alam yang tak terbarukan sudah habis terkuras, sedangkan rakyatnya tak mampu bekerja keras? Bayangkan sendiri.



Tingkat  INFLASI

kalender
GMT
Negara
Kejadian
Referensi
Realisasi
Sebelum ini
kesepakatan
Perkiraan
2013-05-15
08:15 AM
Arab Saudi
Inflasi (tahunan)
Apr 2013
4.0%
3.9%


2013-06-12
10:00 AM

Arab Saudi
Inflasi (tahunan)
May 2013
3.8%
4.0%

3.99%
2013-07-11
11:30 AM
Arab Saudi
Inflasi (tahunan)
Jun 2013
3.5%
3.8%

3.89%
2013-08-13
09:15 AM

Arab Saudi
Inflasi (tahunan)
Jul 2013
3.7%

3.50%

3.5%


Harga
Terakhir
Sebelum ini
Tertinggi
Paling Rendah
Satuan

3.15
3.38
6.89
3.15

Persen
[+]
2.70
2.70
11.10
-2.00
Persen
[+]
129.50
129.40
129.50
84.80
Indeks Poin
[+]


Tingkat inflasi di Arab Saudi kini meningkat menjadi 5,5% dari 5,4% pada bulan April 2012. Central Departement Statistic and Information, Arab Saudi mengatakan, inflasi naik ke level tertinggi dalam satu tahun sebesar 3,2% pada bulan Mei dari 3,1% pada bulan April.  Sedangkan data Kementerian Ekonomi dan Perencanaan, tingkat inflasi tahunan Arab Saudi meningkat pada bulan Mei sampai mencapai 0,9%. Peningkatan ini didorong oleh kenaikan 5% tahunan karena tuntutan biaya kebutuhan pokok.

REFERENSI

Komentar

  1. Apakah anda tertarik dengan pinjaman? Kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami 2% per tahun Kami juga memberikan nasihat keuangan kepada klien kami Jika Anda memiliki proyek bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya dengan segera, kita bisa membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda Hubungi kami hari ini untuk semua.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hybrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.

    Sebagai bisnis pribadi Anda bisa melamar dalam mata uang yang Anda inginkan.

    Kebutuhan finansial Anda Hubungi kami via Email:
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Twitter: rikadiananderso
    Instagram: rikaandersonloancompany
    Watsapp: +19147057484

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  4. Nama saya Suyono Ratha, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu uang Anda, saya meminta pinjaman sebesar Rp750.000,000, 00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan Rp25.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada 12 Januari 2020, teman saya KABU-LAYU di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari ACCESS LOAN FIRM dan dia akhirnya menerima pinjaman. Saya tidak pernah percaya sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasinya dan saya kagum bahwa saya telah kehilangan begitu banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga Tuhan memberkati Ny. MARIA ALEXANDER atas apa yang telah dia lakukan pada saya dan keluarga saya, saya memberi tahu teman-teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. 750.000,000.00
    Saya mematuhi syarat dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

    Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya KABU-LAYU untuk menerima pinjaman dan saya juga memperkenalkan banyak orang kepada Ibu MARIA ALEXANDER ibu yang baik berharap mereka juga mendapatkan pinjaman tanpa penundaan ..Saya ingin Anda yang membaca kesaksian saya menghubungi seorang ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan memberikan bukti niat baik ibu yang baik.

    jadi saya menggunakan cara ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang pantas yang membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
    Mrs. MARIA ALEXANDER via EMAIL: (mariaalexander818@gmail.com) (Whatsapp: + 1 651-243-8090)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: suyonoratha@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi teman saya KABU-LAYU melalui EMAIL-nya: kabulayu18@gmail.com
    terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan dan kemakmuran.

    BalasHapus
  5. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)  

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  7. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  8. Salam untuk kalian semua. Nama saya Agus Santoso, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena banyak sekali penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua memiliki untuk berhati-hati

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya mengajukan pinjaman 250 juta. Saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya mengalami lebih banyak kesulitan keuangan karena saya meminjam untuk membayar sebagian biaya setelah menghabiskan dana saya. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan teman saya untuk merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Helen Wilson, seorang ibu yang luar biasa, yang meminjamkan saya pinjaman 250 juta tanpa jaminan dalam waktu 24 jam tanpa tekanan pada tingkat bunga 2%.

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dicairkan langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: helenwilson719@gmail.com

    dan dengan rahmat Allah dia tidak akan mengecewakan. jika Anda mematuhi perintah-perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: agsantoso576@gmail.com
    dan teman saya yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Bu Helen Wilson, dia juga mendapat pinjaman baru dari Bu Helen Wilson, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (wahyusaptohandoko256@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya. Anda masih bisa mengobrol, ibu yang baik, Nomor WhatsApp; +1-585-326-2165

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Agus Santoso
    Pinjaman saya 250 juta
    KEUANGAN WEMA
    email: helenwilson719@gmail.com
    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Bahasa Inggris Tuefl Test Structure Test

Kepuasan Pelanggan

Komunikasi Pemasaran