Contoh Kasus



BAB 7
Contoh Kasus

Untuk produk yang sudah terkenal dengan inovasinya dan berhasil mendunia berkat kualitasnya yang baik dengan harga nya masih tergolong terjangkau. Perusahaan ini didirikan di Swedia pada tahun 1943 oleh Ingvar Kamprad yang saat itu masih berusai 17 tahun!. Modal awalnya ia dapatkan dari orang tuanya sebagai hadiah keberhasilan studinya. Nama IKEA sendiri diambil dari inisial nama pendiri (Ingvar Kamprad = IK) dan huruf pertama nama pertanian serta desa tempatt ia dibesarkan yaitu Elmtaryd = E dan Agunnaryd = A tempat Ingvar dibesarkan. 

Untuk distribusi produk, IKEA membangun jaringan secara bertahap. Pada tahun 1947 pemesanan produk dilakukan via pos secara sederhana dan sejak tahun 1950an Ingvar mulai menggunakan katalog untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen dan dapat dilakukan pemesanan melalui telepon. Metode inilah yang menjadi landasan bisnis IKEA selama bertahun-tahun kemudian.
Di dunia internasional IKEA dianggap sebagai perusahaan revolusioner di industri mebel, terutama dari segi manufaktur dan cara penjualan. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan lain kala itu, IKEA memperkenalkan konsep baru berupa konsumen dapat memilih sendiri produk yang diinginkannya dan merakit sendiri di rumah. Di dalam toko disediakan katalog sebagai pengganti tenaga penjual untuk menjelaskan produk. IKEA melakukan pengemasan dengan baik dan praktis sehingga dapat mengurangi biaya pengiriman dan penyimpanan dan malah memungkinkan pembeli mengambil sendiri barang dari toko dan membawanya pulang dengan mudah.

Dalam perancangan kebijakan IKEA memiliki 3 prinsip yaitu prinsip pertama adalah menjalankan bisnis dengan efisien dan efektif, kedua semua aktifitas harus saling terkoneksi satu sama lain dan konsisten sehingga kompetitor akan sulit menirunya, dan terakhir adalah aktifitas perusahaan dilakukan dengan pengelompokan yang tidak umum dan sedapat mungkin sulit dilakukan oleh pesaing. Pengelompokan ini kemudian dapat diterapkan dalam pembuatan katalog produk. 

IKEA juga memiliki visi "menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk semua orang", Visi ini mempengaruhi arah perusahaan dalam jangka panjang tapi juga internal marketing di perusahaan dan seluruh karyawan IKEA. Sehingga visi ini pun mempengaruhi berbagai kebijakan dan pendekatan manajemen pada karyawan perusahaan. IKEA sangat menghargai hasil kerja sama tim dalam proses kerja sehari-hari dimana setiap karyawan diminta untuk saling menghargai apa pun jabatannya. Dalam suasana kerja yang baik, IKEA dapat memberikan pelayanan yang maksimal pada konsumen. 

IKEA mengkobinasikan dengan baik berbagai sumber daya dan kompetensi yang dimiliki sehingga mendapatkan kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau. Mau makin memperindah tampilan rumah kamu selain dengan produk IKEA juga bisa dengan menambah hiasan dinding
ANALISIS
Jadi dengan kita membaca contoh kasus ini kita dapat belajar bagaimana cara menjadi pembisnis  yang sukses ketika nanti kita mencoba nya setidak nya kita jadi mengetahui langkah-langkah awal yang akan kita lakukan

Referensi

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Bahasa Inggris Tuefl Test Structure Test

Kepuasan Pelanggan

Komunikasi Pemasaran