Contoh Kasus
BAB 7
Contoh Kasus
Untuk produk yang sudah terkenal
dengan inovasinya dan berhasil mendunia berkat kualitasnya yang baik dengan
harga nya masih tergolong terjangkau. Perusahaan ini didirikan di Swedia pada
tahun 1943 oleh Ingvar Kamprad yang saat itu masih berusai 17 tahun!. Modal
awalnya ia dapatkan dari orang tuanya sebagai hadiah keberhasilan studinya. Nama
IKEA sendiri diambil dari inisial nama pendiri (Ingvar Kamprad = IK) dan huruf
pertama nama pertanian serta desa tempatt ia dibesarkan yaitu Elmtaryd = E dan
Agunnaryd = A tempat Ingvar dibesarkan.
Untuk distribusi produk, IKEA
membangun jaringan secara bertahap. Pada tahun 1947 pemesanan produk dilakukan
via pos secara sederhana dan sejak tahun 1950an Ingvar mulai menggunakan
katalog untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen dan dapat dilakukan
pemesanan melalui telepon. Metode inilah yang menjadi landasan bisnis IKEA
selama bertahun-tahun kemudian.
Di dunia
internasional IKEA dianggap sebagai perusahaan revolusioner di industri mebel,
terutama dari segi manufaktur dan cara penjualan. Berbeda dengan
perusahaan-perusahaan lain kala itu, IKEA memperkenalkan konsep baru berupa
konsumen dapat memilih sendiri produk yang diinginkannya dan merakit sendiri di
rumah. Di dalam toko disediakan katalog sebagai pengganti tenaga penjual untuk
menjelaskan produk. IKEA melakukan pengemasan dengan baik dan praktis sehingga
dapat mengurangi biaya pengiriman dan penyimpanan dan malah memungkinkan
pembeli mengambil sendiri barang dari toko dan membawanya pulang dengan mudah.
Dalam perancangan kebijakan IKEA
memiliki 3 prinsip yaitu prinsip pertama adalah menjalankan bisnis dengan
efisien dan efektif, kedua semua aktifitas harus saling terkoneksi satu sama
lain dan konsisten sehingga kompetitor akan sulit menirunya, dan terakhir
adalah aktifitas perusahaan dilakukan dengan pengelompokan yang tidak umum dan
sedapat mungkin sulit dilakukan oleh pesaing. Pengelompokan ini kemudian dapat
diterapkan dalam pembuatan katalog produk.
IKEA juga memiliki visi
"menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk semua orang", Visi ini
mempengaruhi arah perusahaan dalam jangka panjang tapi juga internal marketing
di perusahaan dan seluruh karyawan IKEA. Sehingga visi ini pun mempengaruhi
berbagai kebijakan dan pendekatan manajemen pada karyawan perusahaan. IKEA
sangat menghargai hasil kerja sama tim dalam proses kerja sehari-hari dimana
setiap karyawan diminta untuk saling menghargai apa pun jabatannya. Dalam
suasana kerja yang baik, IKEA dapat memberikan pelayanan yang maksimal pada
konsumen.
IKEA mengkobinasikan dengan baik
berbagai sumber daya dan kompetensi yang dimiliki sehingga mendapatkan kualitas
yang baik dengan harga yang terjangkau. Mau makin memperindah tampilan rumah
kamu selain dengan produk IKEA juga bisa dengan menambah hiasan dinding
ANALISIS
Jadi dengan kita membaca contoh
kasus ini kita dapat belajar bagaimana cara menjadi pembisnis yang sukses ketika nanti kita mencoba nya
setidak nya kita jadi mengetahui langkah-langkah awal yang akan kita lakukan
Referensi
Komentar
Posting Komentar