Manajemen Produksi
1.
PENDAHULUAN :
Pada bab 7 ini kita akan mempelajari mengenai:
v Perkembangan
Manajemen Produksi
v Pengertian
Manajemen Produksi
v Pengertian
Produksi
v Proses
Produksi
v Pengambilan
Keputusan Dalam Manajemen Produksi
v Ruang
Lingkup Manajemen Produksi
v Fungsi Dan
Sistem Produksi Dan Operasi
v Lokasi Dan
Lay Out Pabrik
2.
Teori-Teori mengenai pengertian Manajemen
Produksi:
Perkembangan Manajemen Produksi
Samapai
saat ini perkembangan manjemen di Negara ini masih setabil dan masih dalam hal
yang sewajarnya dengan begitu kita masih dapat mengimpor dan ekspor suatu
barang ke dalam atau luar negri
Manajemen
produksi
Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang
mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai
tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang
berhubungna dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang
dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen
produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses
produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
Aspek-aspek Manajemen
Aspek-aspek manajemen produksi
meliputi ;
- Perencana produksi
Bertujuan agar dilakukanya persiapan
yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Keputusan yang harus
dihadapi dalam perencanaan produksi:
- Jenis barang yang diproduksi
- Kualitas barang
- Jumlah barang
- Bahan baku
- Pengendalian produksi
- Pengendalian produksi
Bertujuan agar mencapai hasil yang
maksimal demi biaya seoptimal mungkin. Adapun kegiatan yang dilakukan antara
lain :
- Menyusun perencanaan
- Membuat penjadwalan kerja
- Menentukan kepada siapa barang akan dipasarkan.
- Pengawasan produksi
Bertujuan agar pelaksanaan kegiatan
dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatanya meliputi :
- Menetapkan kualitas
- Menetapkan standar barang
- Pelaksanaan prouksi yang tepat waktu
Pengertian Proses Produksi
Proses diartikan sebagai suatu cara,
metode dan teknik bagaimana sesungguhnya sumber-sumber (tenaga kerja, mesin,
bahan dan dana) yang ada diubah untuk memperoleh suatu hasil. Produksi adalah
kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa (Assauri,
1995).
Proses
juga diartikan sebagai cara, metode ataupun teknik bagaimana produksi itu
dilaksanakan. Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan danan menambah
kegunaan (Utility) suatu barang dan jasa. Menurut Ahyari (2002) proses
produksi adalah suatu cara, metode ataupun teknik menambah keguanaan suatu
barang dan jasa dengan menggunakan faktor produksi yang ada.
Melihat
kedua definisi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa proses produksi
merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau
jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada seperti tenaga kerja, mesin,
bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia.
Pengambilan
Keputusan Suatu Produksi
Merupakan
Suatu cara bagaimana kita dapat Mengambil Keputusan yang paling terbaik bagi
suatu perusahaan pada saat terjadi masalah.
seperti
ketika produksi kita menurun kita harus memiliki keputusan apakah kita harus
membeli dari produk lain atau kita menambah tenaga kerja untuk mendapatkan produksi yang jauh
lebih baik lagi.
Ruang
Lingkup Manajemen Produksi
Ruang
lingkup Pemasaran produksi adalah bagaimana cara kita memasarkan produk yang kita
miliki di tempat yang memiliki tingkat keuntungan yang tinggi dan banyak
peminatnya
Pemasaran
yang baik adalah dengan cara memulai pemasaran tersebut dari pasar atau
bergabung bersama perusahaan-perusahaan yang baru merintis karir.
Fungsi
Sistem Produksi & Operasi
Fungsi nya
adalah untuk mengatur suatu produk perusahaan agar perusahaan tersebut selalu
memiliki hasil yang tetap atau selalu di targetkan untuk bertambah setiap
harinya Dan dapat menjaga kualitas suatu produk itu sendiri
Lokasi Suatu
Pabrik & Lay Out
Lokasi
atau tempat yang tepat bagi suatu perusahan adalah di tempat yang strategis di
tempat yang biasa nya banyak orang melintas.
Biasanya
tempat yang sangat banyak di pilih adalah yang berada di pinggiran jalan yang
ramai yang setiap hari di gunakan sebagai aktivistas atau kegiatan setiap
harinya.
Keuntungan
nya juga banyak seperti :
1. mudahnya
alat transportasinya
2. Mudah dan
Lebih cepatnya proses pemasran nya
3. Banyak
peminatnya
4. Banyak
perusahaan yang ingin bergabung di dalam perusahaan ini
5. Banyaknya
peminat yang ingin menjadi karyawan di perusahaan tersebut
3. ANALISIS
Jadi di bab ini kita bisa
menyimpulkan bahwa Kita harus dapat
mengatur hasil suatu produksi agar mendapatkan hasil yang tetap atau bahkan
lebih banyak lagi setiap hari nya dengan
cara ini kita bisa memasarkan suatu produk itu lebih jauh lagi dan jika
konsep kita ini berhasil kita dapat memanag suatu sistem baru lagi.
Referensi
- WWW.Wikipedia.com
- www.Google.com
- WWW.Blogs.com
- Singarimbun,
Masri dan Sofyan Efendi. 1976. Understanding Practice and Analysis. New
York: Random House.Hlm. 132
- D,
Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.Hlm. 56
- Stephen
P.Robbins. Teori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi, (Jakarta:
Arcan: 1994), hlm.4
- WS,
Winkel. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta :
Gramedia.Hlm.75
Komentar
Posting Komentar