Manajemen Produksi

      1.    PENDAHULUAN :
Pada bab 7 ini kita akan mempelajari mengenai:
 v  Perkembangan Manajemen Produksi
 v  Pengertian Manajemen Produksi
 v  Pengertian Produksi
 v  Proses Produksi
 v  Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Produksi
 v  Ruang Lingkup Manajemen Produksi
 v  Fungsi Dan Sistem Produksi Dan Operasi
 v  Lokasi Dan Lay Out Pabrik


     2.   Teori-Teori mengenai pengertian Manajemen Produksi:

Perkembangan Manajemen Produksi
Samapai saat ini perkembangan manjemen di Negara ini masih setabil dan masih dalam hal yang sewajarnya dengan begitu kita masih dapat mengimpor dan ekspor suatu barang ke dalam atau luar negri
Manajemen produksi
Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungna dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.





Aspek-aspek Manajemen
Aspek-aspek manajemen produksi meliputi ;
  • Perencana produksi
Bertujuan agar dilakukanya persiapan yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Keputusan yang harus dihadapi dalam perencanaan produksi:
  1. Jenis barang yang diproduksi
  2. Kualitas barang
  3. Jumlah barang
  4. Bahan baku
  5. Pengendalian produksi
  • Pengendalian produksi
Bertujuan agar mencapai hasil yang maksimal demi biaya seoptimal mungkin. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain :
  1. Menyusun perencanaan
  2. Membuat penjadwalan kerja
  3. Menentukan kepada siapa barang akan dipasarkan.
  • Pengawasan produksi
Bertujuan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatanya meliputi :
  1. Menetapkan kualitas
  2. Menetapkan standar barang
  3. Pelaksanaan prouksi yang tepat waktu




Pengertian Proses Produksi
Proses diartikan sebagai suatu cara, metode dan teknik bagaimana sesungguhnya sumber-sumber (tenaga kerja, mesin, bahan dan dana) yang ada diubah untuk memperoleh suatu hasil. Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa (Assauri, 1995).
Proses juga diartikan sebagai cara, metode ataupun teknik bagaimana produksi itu dilaksanakan. Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan danan menambah kegunaan (Utility) suatu barang dan jasa. Menurut Ahyari (2002) proses produksi adalah suatu cara, metode ataupun teknik menambah keguanaan suatu barang dan jasa dengan menggunakan faktor produksi yang ada.
Melihat kedua definisi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia.

Pengambilan Keputusan Suatu Produksi

Merupakan Suatu cara bagaimana kita dapat Mengambil Keputusan yang paling terbaik bagi suatu perusahaan pada saat terjadi masalah.

seperti ketika produksi kita menurun kita harus memiliki keputusan apakah kita harus membeli dari produk lain atau kita menambah tenaga  kerja untuk mendapatkan produksi yang jauh lebih baik lagi.






Ruang Lingkup Manajemen Produksi

Ruang lingkup Pemasaran produksi adalah bagaimana cara kita memasarkan produk yang kita miliki di tempat yang memiliki tingkat keuntungan yang tinggi dan banyak peminatnya
Pemasaran yang baik adalah dengan cara memulai pemasaran tersebut dari pasar atau bergabung bersama perusahaan-perusahaan yang baru merintis karir.

Fungsi Sistem Produksi &  Operasi

Fungsi nya adalah untuk mengatur suatu produk perusahaan agar perusahaan tersebut selalu memiliki hasil yang tetap atau selalu di targetkan untuk bertambah setiap harinya Dan dapat menjaga kualitas suatu produk itu sendiri

Lokasi Suatu Pabrik & Lay Out

Lokasi atau tempat yang tepat bagi suatu perusahan adalah di tempat yang strategis di tempat yang biasa nya banyak orang melintas.
Biasanya tempat yang sangat banyak di pilih adalah yang berada di pinggiran jalan yang ramai yang setiap hari di gunakan sebagai aktivistas atau kegiatan setiap harinya.

Keuntungan nya juga banyak seperti :

   1.   mudahnya alat transportasinya
   2.   Mudah dan Lebih cepatnya proses pemasran nya
   3.   Banyak peminatnya
   4.   Banyak perusahaan yang ingin bergabung di dalam perusahaan ini
   5.   Banyaknya peminat yang ingin menjadi karyawan di perusahaan tersebut

3.     ANALISIS

Jadi di bab ini kita bisa menyimpulkan bahwa  Kita harus dapat mengatur hasil suatu produksi agar mendapatkan hasil yang tetap atau bahkan lebih banyak lagi setiap hari nya dengan  cara ini kita bisa memasarkan suatu produk itu lebih jauh lagi dan jika konsep kita ini berhasil kita dapat memanag suatu sistem baru lagi.

Referensi

  1. WWW.Wikipedia.com
  2. www.Google.com
  3. WWW.Blogs.com
  4. Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. 1976. Understanding Practice and Analysis. New York: Random House.Hlm. 132
  5. D, Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.Hlm. 56
  6. Stephen P.Robbins. Teori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi, (Jakarta: Arcan: 1994), hlm.4
  7. WS, Winkel. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.Hlm.75


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Bahasa Inggris Tuefl Test Structure Test

Kepuasan Pelanggan

Komunikasi Pemasaran