Ruang Lingkup Bisnis
1.
PENDAHULUAN :
Pada bab 1 ini kita akan mempelajari mengenai:
J Pengertian
Bisnis
J Tujuan
Kebijakan Bisnis
J Sistem
Perekonomian & Sistem Pasar
J Kesempatan
Bisnis atau Usaha
J Unsur-Unsur
penting dalam aktivitas ekonomi
J Hakikat
Bisnis &
J Mengapa
Alasan Belajar Bisnis
Dan setelah itu kita akan
membahas satu-persatu mengenai pengertian-pengertian yang sudah saya terterakan
di atas:
2.
Teori-Teori mengenai pengertian Bisnis:
yang pertama harus kita
ketahui terlebih dahulu yaitu apa yang
di maksud dengan pengertian bisnis?
Sudahkah anda mengetahui
apakah pengertian bisnis itu???
1. Pengertian
bisnis
Dalam ilmu ekonomi,
bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata
bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar
busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas,
ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan
yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi
kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk
untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik
dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital
yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini,
misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua
anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan
rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana
bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat
pekerja.
Secara
etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk
melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis"
sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata
bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum),
teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan
yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis
pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas
yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian,
definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga
saat ini.
2.
Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir
yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnisyang mereka lakukan dan
merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisadilakukan oleh
bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll)yang
akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan
dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk
memenuhi kebutuhankonsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang
dilakukan.Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk
memenuhikebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh
perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
·
Market standing, yaitu
penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh
pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
·
Innovation yaitu inovasi dalam
produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnisyang ingin
dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu
produk,misalnya shampoo 2 in 1.
·
Physical and financial
resources perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber dayafisik dan
keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dansemakin
menguntungkan.
·
Worker
Performance and Attitude untuk kepentingan jangka panjang,
maka sikap para karyawanterhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan
agar dapat bekerja dengan baik.
·
Manager performance and
development manager merupakan orang yang secara
operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk
dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai
kemampuan dan keahlianyang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan
peningkatan kinerja dan pengembangankemampuan manager melalui serangkaian
kegiatan kompensasi yang menarik dan program
·
training and development yang
berkelanjutan.
·
Public Responsibility bisnis harus
memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukankesejahteraan masyarakat,
mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja,
3.
Sistem Perekonomian & Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk
mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun
organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi
dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor
produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki
semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di
pegang oleh pemerintah.
Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem
tersebut.Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
Oleh karena itu sistem perekonomian
& sistem pasar sangatlah penting dan
menentukan bagi bisnis.jadi oleh sebab itu kita harus mengetahui dan mempelajari dulu bagaimana
suatu sistem perekonomian pasar yang terdapat di suatu tempat.
Sistem perekonomian yang di terapkan
di Indonesia ini adalah sistem saham & investasi yang di lakukan setiap
para pengusaha-pengusaha terkenal dan ternama
Sistem perekonomian ini bisa sangat
menguntungkan jika kita melakukan nya dengan teliti. Karena jika kita tidak
teliti maka kita juga bisa tertipu dengan berbagai macam kedok penipuan tentang
investasi maupun saham.
Perekonomian
pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme
untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual
dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai
akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh
mekanisme penawaran-permintaan.
Kita bisa memulai atau belajar
bisnis dari sistem pasar ini contoh nya:
Kita dapat mengetahui barang2 apa
saja yang dapat menghasilkan untung dan sangat di butuh oleh para konsumen tersebut.
4.
Kesempatan Bisnis /Usaha
Kesempatan bisnis adalah suatu
peluang usaha yang kita manfaatkan untuk mempelajari bisnis secara langsung
karena kita sendiri yang mendirikan dan mengelola itu semua. Jadi kita juga
dapat belajar sedikit dari kesempatan bisnis yang kita lakukan itu sendiri.
5.
Unsur-Unsur Penting Aktivitas
Ekonomi
Unur-Unsur yang terdapat dalam
aktivitas ekonomi yaitu:
ü
Memiliki modal untuk berbisnis
ü
Harus paham & mengentahui
mekanisme sistem perekonomian
ü
Cermat & cerdik nya kita untuk
memilih suatu saham
6.
Hakikat Bisnis
Hakikat bisnis yaitu perinsip bisnis
atau suatu hakekat yang telah di buat dan di sepakati oleh para setiap pebisnis
dan tidak boleh di langgar dan hrzb di jalani sesuai dengan peraturan
7.
Mengapa harus mempelajari Bisnis
Alasan kenapa kita harus belajar
bisnis adalah Karena bisnis itu sangat penting jika kita tidak mengetahui
tentang bisnis kita tidak akan bisa membuat suatu usaha sendiri.
kita pun juga akan binggung dengan
sistem kerja pasar yang ada.
Bahkan mungkin juga tidak ada yang
ingin menanamkan saham atau investasi di perusahaan kita. Ataupun bisa juga
kita tertipu karena saham & investasi yang selama ini sudah kita tanamkan.
3. ANALISIS
Jadi dari data-data tersebut kita
dapat menyimpulkan bahwa bisnis itu sangat lah luas pengertian nya kita dapat
menegrtikan nya bisnis sebagai suatu proses dagang/mencari untung.
Dan mempelajari bisnis itu juga
sangat penting karena wawasan dan cara berpikir kita bisa lebih jauh berkembang
lagi di banding sebelumnya.
Referensi
1.
Thomas Davenport (1993). Process Innovation:
Reengineering work through information technology. Harvard
Business School Press, Boston
2.
Michael Hammer and James Champy (1993). Reengineering
the Corporation: A Manifesto for Business Revolution, Harper Business
3.
Wikipedia.com
4.
Griffin R dan Ronald Elbert. 2006. Business. New
Jersey: Pearson Education.
Komentar
Posting Komentar